Selasa, 24 November 2015

Belajar Animasi Yuk!!

Animasi
 Sejarah dan pengertian Animasi Buat kalian nih yang pingin tau atau punya ketertarikan seputar animasi atau kalian suka nonton animasi? oh atau jangan-jangan kalian editor animasi atau bahkan suka buat animasi? Kalau ia jangan lewatkan informasi menarik yang akan kami share kali ini yaitu seputar animasi dimulai dari Pengertian dan Sejarah Animasi, animasi 2d dan 3d. Cekidot

 ~♦Pengertian Animasi♦~ 

Pertama-tama sebenarnya apa sih itu animasi? Singkatnya, Animasi adalah kumpulan gambar yang diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan sebuah ilusi atau efek seakan-akan gambar tersebut bergerak.

~♦ Sejarah Animasi♦~

Okay bagian ini akan membahas tentang sejarah animasi, mungkin diantara kalian sudah tahu tentang sejarah animasi, tapi pasti banyak juga yang belum tahu. Jadi jangan lewatkan informasi mengenai sejarah animasi, cekidot :
Tahun 30.000 SM - Lukisan DindingTahun 1600-2000 SM - Dinding PiramidTahun 1800 - FlipbookTahun 1828 - ThaumatropeTahun 1832 - PhenakistoscopeTahun 1877 - PraxinoscopeTahun 1894 - KinetoscopeTahun 1993 - Stop MotionTahun 1995 - Animasi komputer
~♦ Lukisan Dinding
dinding
Lukisan di dinding gua sudah ada sejak tahun sejak 30.000 SM(Sebelum Masehi) pada saat itu sudah terdapat lukisan-lukisan yang digambarkan oleh orang pada zama dahulu. Itu artinya animasi sudah ada sejak lama dengan banyak ditemukannya artefak ataupun gambar di dalam goa yang mendukung teori tersebut.
~♦ Dinding Piramid
dinding piramid Lukisan di dinding piramid sudah aja sejak tahun 1.600-2000 SM(Sebelum Masehi) di Yunani dan Mesir yang mencerminkan animasi, pada zaman itu orang-orang mulai menggambarkan gerakan demi gerakan yang ada disekitar mereka secara berurutan kemudian lukisan – lukisan tersebut dipahat pada dinding piramida dan pada perabotan rumah tangga mereka.
~♦ Flip Book
Flip book Flip book gif  Animasi dengan Flip book, Flip book adalah buku dengan serangkaian gambar yang bervariasi secara bertahap dari satu halaman ke halaman berikutnya, sehingga ketika halaman yang berubah bergerak dengan cepat, gambar-gambar tersebut membuat perubahan yang memunculkan sebuah gerakan seakan gambar tersebut seperti hidup/bergerak.
~♦ Thaumatrope
 thaumatrope  thaumatrope gif   Paul Roget (1828) penemu Thaumatrope. Thaumatrope adalah sebuah alat yang biasanya berbentuk kepingan bulat yang dikaitkan dengan tali pegas diantara kedua sisinya. Kepingan tersebutmemiliki dua gambar pada sisinya. Di satu sisi bergambar burung, dan di sisi lainnya bergambar sangkar burung. Ketika kepingan diputar maka putaran itu membuat burung seolah masuk kedalam sangkarnya. Proses ini ditangkap oleh mata manusia dalam satu waktu, sehingga mengekspose gambar tersebut menjadi gerak.
~♦ Phenakistocope
 Phenakistoscope   Phenakistoscope  Phenakistoscope gif  Eadweard Muybridge (1893) penemu Phenakistoscope. Phenakistoscope adalah salah satu alat untuk membuat gambar bergerak animasi pertama dan juga pendahulu sinematografi. Phenakistocope mempunyai bentuk berupa piringan yang dipegang secara vetikal di muka cermin dan berputar mengitari porosnya. Gambar tersebut akan terlihat bergerak jika dilihat melalui celah yang ada pada piringan tersebut.
~♦ Praxinoscope
praxinoscope praxinoscope gif  Charles-Emile Reynaud (1877) berasal dari Prancis penemu Praxinoscope.  Praxinoscope adalah perkembangan dari Zoetrope.
Praxinoscope adalah perkembangan teknologi animasi yang dibuat berbentuk seperti mangkuk besar, yang di dalam mangkuk tersebut terdapat mangkuk yang lebih kecil. Mangkuk yang besar berisi kumpulan gambar yang disusun secara beraturan sehingga menghasilkan pergerakan secara teratur , dan mangkuk kecil yang dipenuhi kaca di sisi luarnya.
~♦ Kinetoscope
kinotescope  kinotescope1  Thomas Edison (1894) penemu Kinetoscope, pada tahun 1887 Thomas Edison tertarik untuk membuat alat untuk merekam dan membuat (memproduksi) gambar. Ia dibantu oleh pekerjanya yaitu William Kennedy Laurie Dickson pada tahun 1889 dan 1892. Alat tersebut adalah Kinetoscope. Kinetoscope merupakan alat perekam pertama yaitu merekam dengan kamera dan menghasilkan gambar hidup pertama yang menampilkan gambar bergerak. Alat ini dapat memperlihatkan film secara individual melalui lubang kecil yang menyerupai jendela. Kinetoscope memperkenalkan pendekatan awal yang menjadi standar untuk seluruh proyeksi bioskop sebelum munculnya video.
 fred ott Rekaman pertam yang direkam oleh alat tersebut yaitu Thomas Alva Edison membuat gambar hidup yang memperlihatkan Fred Ott yang sedang bersin
  • Hak cipta film pertama
  • Durasi 5 detik
  • Sutradara : Wiliam K.L Dickson
  • Starring : Fredd Ott
Pada tanggal 14 April 1894, pameran komersial pertama dari film dalam sejarah diberikan di New York City

~♦ Stop Motion
stop motion   stop motion process  Animasi Stop Motion adalah suatu teknik animasi untuk membuat objek yang dimanipulasi secara fisik agar terlihat bergerak sendiri. Setiap pergerakan dari objek tersebut difoto 1 per 1 / frame by frame, sehingga menciptakan ilusi pergerakan ketika serangkaian frame tersebut dimainkan berurutan secara berkesinambungan. Biasanya pembuatan Tokoh/objek dari tanah liat sering digunakan dalam stop motion hal itu bertujuan untuk kemudahan mereka mengubah posisi. Gerakan animasi menggunakan tanah liat disebut clay animation or clay-mation. Pada umumnya animasi awalnya bukan video, melainkan kumpulan gambar yang berurutan sehingga akhirnya menjadi sebuah video
~♦ Animasi Komputer
  toy story    Toy story Animasi komputer adalah teknik menghasilkan gambar bergerak sendiri melalui bantuan penggunaan komputer dan merupakan sebagian bidang komputer grafik  dan animasi. Sesuai dengan namanya, animasi ini secara keseluruhan dikerjakan menggunakan komputer. Dimulai dari pembuatan karakter, tempat, mengatur gerakkan “pemain” dan kamera, pemberian suara, serta special effeknya semuanya di kerjakan dengan komputer.
Film animasi komputer pertama yaitu Toy Story pada tahun 1995 oleh Pixar, sejak itu Animasi semakin banyak dihasilkan melalui grafik komputer 3D, tetapi walaupun begitu animasi grafik komputer 2D juga masih banyak dibuat.

~♦Seni 2D♦~

     Baiklah pertama-tama sebelum masuk ke Animasi 2D, kita akan membahas tentang Seni 2D terlebih dahulu.
Kenapa disebut Seni 2 Dimensi? Itu disebabkan karena karya seni rupa ini  memiliki batasan yaitu dibatasi oleh dua sisi,  sisi panjang dan sisi lebar sehingga tidak mempunyai ruang karena tidak mempunyai ketebalan.
Panjang dan lebar

~♦Animasi 2D♦~

     Animasi 2D adalah penciptaan gambar yang bergerak dalam lingkup dua dimensi. Hal ini dilakukan dengan cara membuat gambar secara berurutan sehingga membuat serangkaian gambar atau sering disebut frame by frame, setiap gambar tersebut mewakili masing-masing gerakan yang sekarang dan gerakan selanjutnya secara terutut dalam pembuatan animasi.
Animasi 2D memiliki 2 Tipe yaitu :
  • Cel Animasi (Cell Animation)
  • Animasi Path (Path Animation)

~♦ Cel Animasi (Cell Animation)
     Animasi Cel dibuat dan dipopulerkan oleh disney, disana terdapat kata cel yang berasal dari kata “celluloid”, yaitu bahan dasar yang dibuthkan dalam pembuatan animasi ini dan dibuat secara frame-by-frame berdasarkan perubahan yang terjadi pada setiap adegan animasianimasi.
     Animasi cel merupakan lembaran-lembaran kerja (layer) yang membentuk animasi tunggal, masing-masing cel merupakan bagian yang terpisah sebagai objek animasi. Misalnya ada tiga buah animasi cel, cel pertama berisi satu objek animasi karakter, cel kedua berisi animasi satu objek karakter lain, dan cel yang terakhir berisi latar belakang animasi tersebut. Kemudian Ketiga animasi cel ini akan disusun berjajar, sehingga ketika dijalankan animasinya secara bersamaan, terlihat seperti satu kesatuan.
Animation_cells
Contoh animasi jenis ini adalah:
Cara Kerja dan Proses pembuatan Cel Animasi

~♦Animasi Path (Path Animation)
     Animasi Path adalah animasi dari suatu objek yang pergerakannya mengikuti sebuah garis lintasan atau jalur yang sudah ditentukan. Contoh animasi jenis ini adalah animasi kereta api yang bergerak mengikuti lintasan rel.
     Dalam Animasi path biasanya menggunakan softaware komputer dalam pergerakannya, pergerakan dilakukan secara otomatis, menggunakan fungsi2 matematis seperti translasi, rotasi & transformasi, posisi pergerakannya di tentukan oleh keyframe dan proses pergerakannya disebut juga tweening. Dalam Macromedia Flash, animasi jenis ini didapatkan dengan teknik animasi path, teknik ini menggunakan layer tersendiri yang didefinisikan sebagai lintasan gerakan objek.
keyframepath pap

~♦Seni 3D♦~

     Berbeda dengan seni 2 dimensi, seni 3 dimensi memiliki dimensi panjang, lebar dan tinggi, yang membentuk sebuh ruang atau  memiliki volume .

~♦Animasi 3D♦~

3d      Animasi 3D memiliki tingkat kesulitan yang lebih kompleks dibandinkan dengan animasi 2d itu disebabkan karena proses pembuatannya. Animasi 3D juga adalah suatu objek animasi yang memiliki volume pada ruang 3D, Biasanya objek animasi dapat diputar dan berpindah atau dipindahkan seperti objek nyata.
Dalam pembuatan proses animasi 3d mempunyai 3 fase yaitu:
~♦Modeling adalah proses pertama yang dilakukan dalam pembuatan animasi 3d, yaitu proses menyusun dan merancang sebuah bentuk berdasarkan objek dengan cara membuat kontur/rancangan yang luas dan struktur dari objek 3D.
modeling
~♦Rendering adalah proses mengeneralisasi, menyempurnakan sebuah objek 3d yang sebelumnya sudah di buat modelnya kemudian memberikan atribut objek seperti tekstur permukaan. warna, kadar transparansi dan efek pencerahan dengan menggunakan program komputer.
randering ~♦Animation adalah proses pemberian arah atau gerakan pada objek 3d kemudian mendefinisikan perpindahan akan bergerak kemana objek tersebut.

Yapp cukup sekian informasi seputar animasi yang dapat kita sampaikan, menarik bukan? Bertambah lagi kan ilmunya hehe , jangan ketinggalan info-info menarik lainnya dari kita ya.
Tidak ada komentar :

Tidak ada komentar :

Posting Komentar